STRATEGI SOCIAL ENTREPRENEURSHIP DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF BERBASIS LOCAL WISDOM (STUDI PADA KELOMPOK PENGRAJIN ECENG GONDOK “MELATI” PLAJU KOTA PALEMBANG)
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang “Strategi Social Entrepreneurship Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Local Wisdom (Studi Pada Kelompok Pengrajin Eceng Gondok “Melati” Plaju Kota Palembang)”. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi dan menganalisa faktor eksternal yang dapat menimbulkan peluang dan ancaman serta faktor internal yang merupakan kekuatan dan kelemahan bagi pelaku socioentrepreneur sehingga dapat menerapkan strategi social entrepreneurship dalam pengembangan ekonomi kreatif berbasis local wisdom di Plaju Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, terdapat beberapa informan dalam penelitian ini sebanyak 17 orang yang dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data penelitian ini secara observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini tentang strategi social entrepreneurship dari London dan Morfopoul. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa usaha sosial pada pengrajin eceng gondok menggunakan strategi kognitif, emosi, dan perilaku. Ketiganya berpaham pada proses pengaruh sosial yang membujuk masyarakat untuk ikut serta dalam membersihkan lingkungannya dari tanaman eceng gondok, maka diberdayakanlah tanaman gulma terebut dengan dibuat menjadi sebuah kerajinan yang bernilai memiliki jual. Dalam pengembangan ekonomi kreatif dibutuhkannya inovasi dan kreativitas, bersumber dari individu yang kreatif sehingga usaha dari kerajinan eceng gondok dapat berkembang. Menerapkan kerja bersama atau gotong royong dalam membuat produknya serta adanya anyaman pada setiap produknya menjadikan produk dari usaha kerajinan eceng gondok mempunyai ciri khas. Nilai gotong royong dan kerajinan anyaman merupakan kearifan lokal dari pengetahuan lokal yang didapatkan secara turun temurun.