Perpaduan Teknik Pemetaan Pikiran dengan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Marker Tracking untuk Media Pembelajaran

Main Authors: Erwin, Erwin, Malik, Reza Firsandaya, Erviza, Methia
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: KK Informatika STEI-ITB , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unsri.ac.id/27711/1/KNIF_Erwin.pdf
http://repository.unsri.ac.id/27711/
Daftar Isi:
  • Augmented Reality (AR) adalah suatu lingkungan yang tercipta oleh komputer dari penggabungan dunia nyata dan dunia virtual, sehingga batas diantara keduanya menjadi sangat tipis. Benda virtual tersebut dapat terintergrasi dengan suatu perantara, salah satunya dengan marker dan kamera komputer. Aplikasi ini digunakan untuk media pembelajaran dengan menggabungkan teknik pemetaan pikiran. Pemetaan Pikiran merupakan teknik curah gagasan dengan menggunakan kata kunci bebas, simbol, gambar, dan melukiskannya secara kesatuan di sekitar tema utama. Metode penelitian yang dilakukan dengan uji kasus terhadap 15 orang siswa SMP dalam penyelesaian soal ujian setelah dilakukan penyampaian materi. Materi pelajaran yang disampaikan dalam 3 (tiga) metode yaitu teknik konvensional, pemetaan pikiran dan perpaduan pemetaan pikiran dan augmented reality. Hasil penelitiannya menyatakan bahwa dengan menggunakan metode perpaduan aplikasi augmented reality dengan teknik pemetaan pikiran dapat menyelesaikan soal secara benar (Ʃbenar = 5) dengan waktu 30 detik, dimana 2 kali lebih cepat dibanding metode pemetaan pikiran saja, dan 6,5 kali lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu, metode perpaduan teknologi augmented reality dengan pemetaan pikiran dapat membuat proses belajar mengajar menjadi lebih cepat dalam penalaran terhadap siswa SMP tersebut.