PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 PRABUMULIH
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Prabumulih” tujuan penelitian untuk membuktikan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IIS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Prabumulih. Dalam penelitian menggunakan quasi experimental design dengan pendekatan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IIS semester Ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Pelaksanaan penelitian menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen adalah XI IIS 1 dan kelas kontrol adalah XI IIS 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis melalui uji t separated varians, hal ini dikarenakan jumlah sampel yang sama yaitu 30 dan data homogen. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 9,745 > 1,671 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi simpulannya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Prabumulih. Disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization harus mampu menjelaksan langkah-langkah dari model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dengan membuat permasalahan yang menarik dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.