PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANDROID PADA MATA KULIAH PENGUKURAN TEKNIK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaranandroid pada mata kuliah Pengukuran Teknik di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dan menggunakan model pengembangan Rowntree evaluasi tessmer. Objek penelitian adalah media pembelajaran android dan subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli, lembar wawancara dan angket. Validasi ahli untuk mengetahui kevalidan produk, wawancara untuk melakukan perbaikan setelah divalidasi oleh validator. Angket untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Hasil dari tahap validasi didapat persentase kevalidan 87,5%untuk validasi media dan 80.43%untuk validasi materi. Produk telah divalidasi diuji cobakan ke tahap perorangan dan kemudian produk dilakukan validasi sesuai dengan saran dan komentar validator dan mahasiswa. Selanjutnya untuk mengetahui kepraktisan media dilakukan uji coba kelompok kecil dan uji lapangan. Pada tahap uji coba kelompok kecil nilai persentase angket kepraktisan sebesar 87,6%dan pada uji lapangan nilai persentase angket kepraktisan sebesar 88.6%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran android pada mata kuliah Pengukuran Teknik dinyatakan valid an praktis.