ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IIS SMA NEGERI 2 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor internal dan faktor eksternal mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA Negeri 2 Palembang. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 25 peserta didik yang dipilih secara acak dari seluruh kelas XI IIS di SMA Negeri 2 Palembang. Teknik pengumpulan data yaitu Angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dari 25 peserta didik yang diberikan angket, diperoleh Rerata 78,8% dari delapan indikator. Indikator minat 88%, indikator motivasi 84,6%, indikator Intelegensi 73,67%, indikator cara belajar 66%, indikator Relasi antar anggota keluarga 78,75%, indikator Metode mengajar 82,75%, indikator Relasi guru dengan peserta didik 82,5%, dan indikator pengaruh teman bergaul 74,34%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor internal dengan persentasi 78,06% terkategori kuat dan faktor eksternal dengan persentase 79,6% terkategori kuat. Sehingga secara keseluruhan faktor eksternal lebih besar berpengaruh pada hasil belajar peserta didik di kelas XI IIS SMA Negeri 2 Palembang. Berdasarkan simpulan yang diatas, untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik diharapkan guru di sekolah mampu untuk meningkatkan cara belajar peserta didik di dalam kelas untuk lebif aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan guru harus memvariasikan pola interaksi. Kata Kunci : Faktor internal, Faktor Eksternal, Hasil Belajar.