Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh teknik pembelajaran peer editing terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 52 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII.10 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dengan perlakuan teknik pembelajaran Peer Editing, dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa dengan teknik konvensional yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal eksperimen 57,82 meningkat sebesar 22,55 menjadi 80,37 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 47,90 meningkat sebesar 8,44 menjadi 56,34 pada tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil tes di kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Dari hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 8,843 dan ttabel (df 62 = 1,669). Nilai thitung (8,843) > ttabel (1,669). Dengan demikian, Ho ditolak, dan Ha diterima. Hipotesis yang berbunyi “Ada perbedaan kemampuan menulis teks deskripsi antar siswa yang diajari dengan menggunakan teknik pembelajaran Peer Editing dengan siswa yang diajari menggunakan teknik konvensional (μ1≠μ2)” diterima. Dengan demikian, diterimanya Ha maka dapat dikatakan bahwa teknik pembelajaran Peer Editing memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 52 Palembang. Kata kunci: pengaruh, teknik pembelajaran Peer Editing, konvensional, menulis teks deskripsi.