Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini digunakan untuk mengembangkan produk penelitian berupa modul pembelajaran menulis teks prosedur kompleks yang digunakan di tingkat Sekolah Menengah Atas kelas XI. Penelitian ini menggunakan model Jolly dan Bolitho (dalam Tomlison, 1998:96-115) dan hanya dibatasi sampai revisi validasi dari ahli. Terdapat tujuh tahapan yaitu: (1) identifikasi kebutuhan; (2) eksplorasi kebutuhan; (3)realisasi kontekstual; (4) produksi bahan ajar modul; (5) validasi ahli; (6) revisi produksi bahan ajar; (7) produk akhir. Bahan ajar modul menulis teks prosedur kompleks dirancang dan dikembangkan berdasarkan kebutuhan peserta didik. Setelah dikembangkan modul menulis teks prosedur kompleks divalidasi oleh tiga pakar yang menilai aspek kelayakan materi atau isi, kelayakan penyajian dan kelayakan bahasa dengan menggunakan angket oleh dosen dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sriwijaya. Dari hasil validasi ahli materi atau isi diperoleh skor 57 dari skor maksimal 75 dan dikategorikan sangat baik, validasi kebahasaan diperoleh skor 43 dari skor maksimal 55 dan dikategorikan sangat baik, dan validasi penyajian diperoleh skor 46 dari skor maksimal 60 dan dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil validasi ahli modul menulis teks prosedur kompleks dapat dikategorikan layak.