PENGEMBANGAN DIGITAL HANDOUT FISIKA MODERN BERBASIS LITERASI TEKNOLOGI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Daftar Isi:
- Telah berhasil dikembangkan digital handout Fisika Modern berbasis literasi teknologi yang valid dan praktis. Hasil studi pendahuluan menunjukkan 64,5% mahasiswa menyatakan kesulitan memahami Fisika Modern pada aplikasi penerapan di bidang teknologi disebabkan terbatasnya referensi, tindak lanjutnya 45,2% menyatakan sangat setuju dan 51,6% menyatakan setuju jika dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar Fisika Modern berbasis literasi teknologi. Tingkat literasi khususnya literasi teknologi menjadi indikator signifikan dalam peningkatan kualitas pendidikan pada era revolusi industri 4.0 saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan digital handout Fisika Modern berbasis literasi teknologi yang valid dan praktis melalui adaptasi prosedur model pengembangan produk Rowntree dan evaluasi formatif Tessmer khususnya di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya. Data dikumpulka melalui metode walktrough dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rerata kevalidan digital handout sebesar 4,53 (sangat valid) untuk aspek desain, isi, dan kebahasaan. Skor rerata kepraktisan pada tahap one-to-one evaluation dalam persentase sebesar 79,08% (praktis) dan pada tahap small group evaluation dalam persentase sebesar 84,59% (praktis).