PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI LUAS PERSEGIPANJANG SISWA SMP NEGERI MAUR
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Negeri Maur. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest Posttest Design. Pengambilan data dilakukan di kelas VII.2 dengan jumlah siswa 30 orang. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa adanya pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger, hal ini terlihat dari perbedaan persentase indikator pemecahan masalah pada tes awal dan tes akhir. Pada tes awal yaitu: kemampuan menunjukan pemahaman masalah 80 % , merencanakan penyelesaian masalah 23,07% , menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana 34,28% dan memeriksa kebenaran proses dan hasil 0%. Sedangkan persentase pada tes akhir yaitu: kemampuan menunjukan pemahaman masalah 98,33 % , merencanakan penyelesaian masalah 54,71% , menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana 79,5% dan memeriksa kebenaran proses dan hasil 37,66%. Uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa thitung > ttabel , yaitu 13,75 > 2,042 maka hipotesis H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran model Treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII.2 SMP Negeri Maur. Kata Kunci : Model Pembelajaran Treffinger, Kemampuan Pemecahan Masalah.