PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA DENGAN MEDIA KARIKATUR UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PALEMBANG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Oleh Nyimas Khorin Khoiriah 06021181520015 Pembimbing: 1. Prof. Dr.MulyadiEko Purnomo, M.Pd. 2. Drs. NandangHeryana, Dip., M.Pd. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Penelitian dan pengembangan pada media pembelajaran menulis teks drama untuk kelas VIII SMP telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran menulis teks drama yang layakdanmeningkatkanmotivasibelajarsiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) dengan langkah-langkah penelitian pengembangan menurut Sugiyono yang terdiri atas beberapa langkah yaitu : (1) potensi masalah; (2) pengumpulan informasi; (3) desain produk; (4) validasi desain; dan (5) revisi desain. Validasi dengan menilai aspek materi, kebahasaan, dandesain media dinilai oleh tiga validator, dengan menggunakan angket skala 4 oleh dosen dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sriwijaya. Dari hasil validasi ahli materi diperoleh skor 18 dari skor maksimal 24 dan dikatgorikan sangat baik, validasi ahli kebahasaan diperoleh skor 13 dari skor maksimal 20 dan dikategorikan baik, dan validasi ahli desain diperoleh skor 21 dari skor maksimal 24 dan diaktegorikan sangat baik. Berdasarkan hasil validasi ahli, media karikatur yang dikembangkan peneliti dapat dikategorikan layak. Kata kunci : penelitian pengembangan, media pembelajaran karikatur, menulisteks drama