Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan pemodelan matematika siswa setelah diterapkanya pendekatan MEAs pada materi pola bilangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII.1 SMPN 56 Palembang yang berjumlah 27 siswa. Teknik pegumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, wawancara, dan observasi. Soal tes disusun dengan mengacu pada indikator kemampuan pemodelan matematika, wawancara dilakukan dengan tujuan sebagai data pendukung dari hasil tes, sedangkan obsevasi dilakukan untuk melihat keterlaksanaan pendekatan MEAs pada saat proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan informasi bahwa kemampuan pemodelan matematika siswa kelas VIII.1 SMPN 56 Palembang berada pada kategori baik dengan rata-rata 78,29. Terdapat 17 siswa dengan ketegori sangat baik, 6 siswa dengan ketegori baik, 3 siswa dengan kategori cukup, dan 1 siswa dengan ketegori kurang. Hasil wawancara menunjukan bahwa siswa dapat mengidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan pola bilangan, namun dalam proses membuat model matematika masih terdapat kesulitan karena tidak ingat dengam materi sebelumnya, serta dalam menyelesaikan permasalahan dan menafsirkan kembali hasil matematika yang didapat ada siswa yang tidak dapat melakukannya. Keterlaksanaan pada komponen pendekatan MEAs yaitu komponen newspapers article, readines or warm-up questions, data table or mathematical information, dan problem statment dapat merangsang kemampuan pemodelan matematika siswa.