EVALUASI PENGARUH KINERJA LALU LINTAS PADA PUTARAN BALIK U-TURN SEBIDANG DAN PERENCANAAN TIDAK SEBIDANG

Main Author: Della, Rhaptyalyani Herno
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian Universitas Sriwijaya , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unsri.ac.id/24466/1/Final_Report_-_Rhaptyalyani.pdf
http://repository.unsri.ac.id/24466/
Daftar Isi:
  • Penunjang kinerja dan performa jalan yang baik salah satunya adalah perencanaan persimpangan, salah satunya dalah persimpangan tidak bersinyal. Bentuk dari persimpangan tidak bersinyal yang pada dasarnya tidak memiliki peraturan dan perhitungan secara detail adalah putaran balik u-turn. Sehingga dalam perencanaannya diperlukan evaluasi dengan memadukan persimpangan tidak bersinyal dan roundabout sehingga bisa didapatkan performa kinerja putaran balik u-turn yang baik. Untuk mengetahui tingkat kinerja jalan dan performa yang sesuai inilah maka peneliti tertarik untuk mengevaluasi putaran balik u-turn terutama yang ada di outer ring road, karena jalan tersebut merupakan jalan yang dapat dilalui oleh kendaraan berat yang memiliki jenis manuver yang berbeda dari kendaraan umum. Dari hasil analisa data primer dan sekunder, didapat bahwa tingkat pelayanan ruas jalan Soekarno Hatta berada pada level F dengan nilai V/C sebesar 1,85. Putaran balik paling ideal berdasarkan studi adalah putaran balik skenario 1, yaitu putaran balik sebidang dengan adanya pelebaran gap acceptance pada U-Turn.