PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PALEMBANG PADA MATERI PROGRAM LINIER
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa kelas XI SMA pada Materi Program Linier. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Palembang pada tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan control group postest only design. Kelompok eksperimen diberi treatment berupa pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS), sedangkan kelas kontrol tidak diberikan treatment. Kemampuan berpikir tingkat tinggi diukur melalui postest yang kemudian dianalisis datanya menggunakan uji-t. Hasil penelitian menyatakan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palembang pada Materi Program Linier.