Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi operasi Operasi Hitung Bentuk Aljabar menggunakan pendekatan PMRI dan sistem LSLC. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 SMP Negeri 18 Palembang yang berjumlah 27 orang. Proses pembelajaran berlangsung disesuaikan dengan prinsip dan karakteristik PMRI dan sistem LSLC. Metode yang digunakan yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes tertulis yang terdiri dari 2 soal uraian, observasi, dan wawancara yang dibutuhkan untuk memperoleh data pendukung. Adapun tes dilakukan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa saat mengerjakan soal. Observasi dilakukan untuk dapat melihat kegiatan siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Kemudian wawancara digunakan untuk mengkonfirmasi jawaban siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII.2 pada materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu kemampuan mengatur pemikiran matematis melalui komunikasi baik, kemampuan menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa ataupun kedalam bahasa matematik baik, dan kemampuan menarik kesimpulan sesuai tujuan permasalahan sudah baik.