PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA

Main Author: Anwar, Dr Yenny
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Unsri , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.unsri.ac.id/22864/1/Cover_Jurnal_Pembelajaran_IPA.pdf
http://repository.unsri.ac.id/22864/2/makalah_Yenny_konstruktivisme.pdf
http://repository.unsri.ac.id/22864/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai pengaruh pembelajaran menggunakan Pendekatan Konstruktivisme terhadap hasil belajar biologi siswa kelas I(X) SMA Srijaya Negara Palembang. Adapun instrumen yang digunakan dalam pengumpulan datanya adalah tes. Tes digunakan untuk melihat hasil belajar yang diperoleh. Dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tehnik eksperimen The Static group Comparizon : Randomized Control Only Desigh, sehingga dua kelas yang diambil sebagai kelompok sampel dikelompokan ke dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan menganggap semua siswa memiliki kemampuan yang sama, dan dari data yang diperoleh pun berdistribusi normal, maka untuk menganalisisnya digunakan uji t untuk taraf \ensuremathα= 5%. Dari analisa data diperoleh t hitung = 4,34 dan t table = 1,6675. maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh pembelajaran menggunakan Pendekatan Konstruktivisme terhadap hasil belajar biologi siswa kelas 1(X) SMA srijaya Negara palembang. Dengan adanya hasil penelitian ini disarankan kepada guru hendaknya dapat menggunakan Pendekatan Konstruktivisme ini sebagai pengetahuan tambahan dan mempermudah dalam proses pembelajaran khususnya pelajaran biologi di SMA.