POLA KEGIATAN MENGAMATI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERPENDEKATAN SAINTIFIK TEMA ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN DI KELAS V SD NEGERI 42 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kegiatan mengamati pada proses pembelajaran tematik berpendekatan saintifik tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan di kelas V b SD Negeri 42 Palembang. Berdasarkan tujuan tersebut maka peneliti ingin melihat bagaimana pola kegiatan mengamati, apa saja media pengamatan yang diamati, prosedur pengamatan dan keterlibatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Objek penelitian ini adalah guru kelas Vb dan seluruh siswa di kelas Vb yang berjumlah 30 orang. Data dari penelitian ini diambil dengan kamera video, observasi, wawancara. Observasi dilakukan selama 2 minggu pada dua subtema yakni 5 pembelajaran pada subtema “Organ Tubuh Manusia dan Hewan” dan 4 pembelajaran pada subtema ”Cara Hidup Manusia dan Hewan”. Selama penelitian, peneliti merekam proses pembelajaran dengan kamera video dan mengisi lembar observasi guru. Wawancara dilakukan kepada guru kelas terkait kegiatan mengamati selama penelitian. Hasil observasi menunjukkan guru telah mampu membimbing siswa melakukan pengamatan dengan baik, hal ini terlihat dari keterlibatan siswa dalam pengamatan. Hasil wawancara guru menyatakan bahwa guru memfasilitasi siswa media pengamatan sehingga siswa lebih aktif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pola kegiatan mengamati yang dilakukan sudah baik dan bervariasi