Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui implementasi dari pendekatan Scientific pada pembelajaran matematika yang ditinjau dari kegiatan belajar siswa, kegiatan guru serta hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan implementasi pendekatan Scientific di SMP Negeri 1 Indralaya Selatan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.4 yang berjumlah 37 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Data keterlaksanaan kegiatan belajar siswa dan kegiatan guru dikumpulkan dengan observasi, sementara tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan implementasi pendekatan Scientific. Adapun persentase keterlaksanaan kegiatan belajar siswa pada implementasi pendekatan Scientific dalam proses pembelajaran adalah sebesar 64% yang termasuk dalam kategori tidak terlaksana, kemudian persentase keterlaksanaan kegiatan guru adalah sebesar 95% yang termasuk dalam kategori terlaksana, serta persentase keberhasilan hasil belajar siswa sebesar 83,78% yang termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 2,82. Sehingga dari ketiga penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan Scientific pada pembelajaran matematika siswa yang ditinjau dari keterlaksanaan kegiatan belajar siswa, keterlaksanaan kegiatan guru serta keberhasilan hasil belajar dapat dikategorikan cukup.