PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan kontekstual lebih berpengaruh dalam pembelajaran memproduksi teks eksposisi siswa kelas kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa dengan perlakuan pendekatan kontekstual, dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa dengan perlakuan pendekatan konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS20. Taraf signifikansi 95%(α =0,05). Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 64,36 meningkat sebesar 11.85 menjadi 76,21 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 64,32 meningkat sebesar 4,62 menjadi 68,32 pada tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung>ttabel = 4,533>1,999 dengan df=62pada tingkat signifikansi 95% (=0.05). Dengan demikian Ho yang berbunyi “Tidak ada perbedaan antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan kontekstual dan siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional dalam pembelajaran memproduksi teks ekspsosisi (μ1=μ2)” ditolak. Dengan ditolaknya Ho maka dengan sendirinya Ha yang berbunyi “Ada perbedaan kemampuan memproduksi teks ekspsosisi antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan kontekstual dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan konvensional (μ1≠μ2)” diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat dikatakan bahwa penerapan pendekatan kontekstual lebih berpengaruh dibandingkan pendekatan konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir.