Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh media audio-visual terhadap pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA PGRI 1 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 19 orang dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 19 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal (pretest) menulis karangan deskripsi kelas eksperimen 61,842 dan kelas kontrol 61,526. Nilai rata-rata tes akhir (posttest) menulis karangan deskripsi kelas eksperimen 79,553 dan kelas kontrol 67,632. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA PGRI 1 Palembang pada kelas eksperimen sebesar 17,711. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung (2,406) lebih besar dari ttabel (1,990) dengan df = 36 pada tingkat signifikasi 95% (α = 0,025). Ha yang menyatakan ―Ada perbedaan dalam keterampilan siswa memproduksi karangan deskripsi yang belajar dengan menggunakan media audio-visual dengan siswa yang belajar dengan menggunakan media visual gambar (μ1 ≠ μ2),‖ diterima. Dengan diterimanya Ha, dapat disimpulkan bahwa media audio-visual dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi lebih berpengaruh daripada media visual pada siswa kelas X SMA PGRI 1 Palembang.