Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Model Discovery Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Palembang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model discovery learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII. 2 dan kelas VII. 9. Sampel penelitian ini berjumlah 61 siswa, 30 siswa kelas VII. 2 sebagai kelompok eksperimen dan 31 siswa kelas VII.9 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis teks eksplanasi dengan memperhatikan strukturnya (Kriteria sebanyak 12-15 kalimat). Teknik analisis data dan statistik uji-t dengan menggunakan program SPSS 19. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Nilai rata-rata posttest menulis teks eksplanasi kelompok kontrol sebesar 80,8065 dan kelompok eksperimen sebesar 84,0333. Hasil analisis data dengan uji-t membuktikan bahwa thitung > ttabel atau 2,808>2,001 dengan df=59 pada tingkat signifikasi 95% (α=0,025). Oleh sebab itu, Ha berbunyi “ Ada perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi antara siswa yang diajarkan dengan model discovery learning dengan siswa yang diajarkan dengan strategi yang digunakan guru” diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa Model Discovery Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dalam menulis teks eksplanasi.