PEMBELAJARAN BAHASA ASING YANG BERKARAKTER INDONESIA
Main Author: | Rarasati, Sri |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UPI Press
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unsri.ac.id/21400/1/df6ffe6b5815275fe4e9071e17fff1e3.pdf http://repository.unsri.ac.id/21400/ |
Daftar Isi:
- Dewasa ini, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa para peserta didik dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi lebih merasa bangga berbahasa asing daripada berbahasa Indonesia, merasa lebih terhormat bila mahir berbahasa asing, memberikan apresiasi yang tinggi kepada orang yang mahir berbahasa asing daripada kepada orang yang mahir berbahasa Indonesia, para orang tua rela mengeluarkan biaya yang mahal untuk putra-putrinya kursus bahasa asing. Celakanya lagi, fakta terakhir membuktikan bahwa di beberapa daerah nilai ujian nasional bahasa Inggris lebih tinggi daripada nilai bahasa Indonesia. Mencermati kondsi tersebut di atas, kita perlu merasa prihatin. Namun, bukan berarti bahasa asing tidak perlu. Dengan kemajuan zaman dan teknologi, bahasa asing (terutama bahasa dunia seperti bahasa Inggris, Jepang, Prancis, Arab) merupakan salah satu kunci untuk dapat mengikutinya supaya tidak ketinggalan. Namun, perlu disadari bahwa pembelajaran bahasa asing jangan menjadikan peserta didik merasa ‘asing’ dengan budaya dan kepribadian Indonesia. Bahasa asing dipelajari dan dikuasai dengan tetap memperhatikan dan mempertahankan kepribadian bangsa, yaitu dengan melaksanakan pembelajaran bahasa asing yang berkarakter Indonesia. Pendidikan seharusnya mampu menciptakan pribadi (generasi penerus) yang bermoral, mandiri, matang dan dewasa, jujur, berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, berperilaku santun, tahu malu dan tidak arogan serta mementingkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi atau kelompok, sebagaimana dinyatakan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Bab II Pasal 3,