Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa kelas V di SDN 25 Indralaya dengan menggunakan media gambar berseri pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 25 Indralaya dengan menggunakan media gambar berseri pada mata pembelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penilaian unjuk kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 25 Indralaya termasuk dalam kategori cukup dengan perolehan nilai 62. Hal tersebut dilihat dari delapan aspek penilaian keterampilan berbicara. Aspek yang termasuk kategori baik adalah lafal (66), tata bahasa (69), kelancaran (67), dan percaya diri (67). Aspek yang termasuk kategori cukup baik adalah isi cerita (61) dan intonasi suara (59). Dan aspek yang termasuk kategori kurang baik adalah diksi (55) dan kontak mata (51).