PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 19 Palembang. Adapun rumusan masalah yaitu “adakah pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 19 Palembang”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang menggunakan desain pre-experimental design, dengan bentuk pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 19 Palembang. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu korelasi pearson product moment dan diperoleh ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 19 Palembang. Kendala dalam penelitian ini, beberapa peserta didik yang tidak berpartisipasi aktif dalam berdiskusi kelompok dan berdiskusi sering kali membahas hal lain yang tidak berhubungan dengan permasalahan yang diberikan oleh peneliti, selain itu saat menyampaikan pendapat antar kelompok sering kali terjadi adu pendapat karena mempertahankan pendapat masing-masing kelompok sehingga kelas menjadi tidak kondusif.