Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN 147 Palembang dengan menggunakan media gambar berseri pada. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas III-A di SDN 147 Palembang yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hasil keterampilan menulis karangan siswa pada siklus I didapatkan ketuntasan belajar siswa 61% dengan rata-rata nilai 63. Hasil keterampilan menulis karangan siswa pada siklu=s II mengalami peningkatan dengan ketuntasan belajar siswa 71% dan rata-rata 81. Hasil dari siklus III adalah ketuntasan hasil belajar siswa 89% dengan rata-rata nilai siswa 81. Observasi pada siswa juga dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung. Untuk siklus I aktivitas belajar siswa dengan nilai rata-rata 57,5. Pada siklus II aktivitas belajar siswa dengan nlai rata-rata 71,66. Dan siklus III aktivitas belajar siswa dengan nilai rata-rata 80. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar berseri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 147 Palembang dalam menulis karangan sederhana.