PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN PECAHAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT SISWA KELAS IIIC SD NEGERI 4 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIC SD Negeri 4 Palembang menggunakan media power point. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIC SD Negeri 4 Palembang dengan jumlah siswa 33 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa 15 soal isian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran pecahan. Hal ini ditunjukkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap materi pembelajaran pecahan pada siklus I nilai rata-rata 67,2 dengan persentase ketuntasan 66,67%. Selanjutnya pada siklus II naik menjadi 79,31 dengan persentase ketuntasan 84,8%. Berdasarkan indikator keberhasilan, maka penelitian ini dianggap telah berhasil karena hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran pecahan telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu ≥ 65 dan telah mencapai ketuntasan secara klasikal ≥ 80%.