PERBEDAAN PENGGUNAAN TEKA-TEKI SILANG DAN PILIHAN GANDA UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA PEMAHAMAN KELAS IV SD NEGERI 4 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membaca pemahaman dengan menggunakan teka-teki silang dan pilihan ganda serta mengetahui pendapat siswa tentang mengerjakan soal teka-teki silang dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif yaitu dengan membandingkan dari kedua hasil belajar siswa menggunakan teka-teki silang dan pilihan ganda. Populasi pada penelitian ini kela IVB SD Negeri 4 Palembang dengan jumlah siswa laki-laki 13 orang dan jumlah siswa perempuan 13 orang, jadi total siswa ada 26 orang. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah dua jenis tes tertulis yaitu tes dengan menggunakan soal yang berbentuk teka-teki silang dan tes yang berbentuk pilihan ganda. Dengan memberikan sebuah teks bacaan kepada siswa, lalu memberikan soal berbentuk teka-teki silang dan pilihan ganda maka didapatlah hasil grafik yang menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan pilihan ganda. Hal itu disebakan karena pada saat siswa mengerjakan pilihan ganda siswa tidak membaca teks dengan teliti lagi karena sudah ada jawaban di dalam soal tersebut. Oleh karena itu, hasil belajar siswa menggunkan teka-teki silang lebih tinggi serta siswa lebih menyukai mengerjakan soal teka-teki silang daripada pilihan ganda berdasarkan kuesioner yang telah diberikan kepada 26 orang siswa di kelas IVB SD Negeri 4 Palembang.