PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMAN 2 TANJUNG RAJA
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Time Token Arends Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMAN 2 Tanjung Raja”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Time Token Arends Terhadap Hasil Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMAN 2 Tanjung Raja. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Time Token Arends Terhadap Hasil Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMAN 2 Tanjung Raja. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 orang siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis data. Setelah penelitian selesai dilakukan, diperoleh kesimpulan yaitu, dilihat dari analisis data hasil tes diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel (t h = 2,03 > t t = 2,01) dengan demikian hipotesis yang berbunyi bahwa ada pengaruh penerapan, dapat diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh dari perlakuan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token arends terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen.