Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbandingan pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristik dengan Improve terhadap keaktifan peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas X.1 sebagai kelas eksperimen 1 dan X.2 sebagai kelas eksperimen 2 yang masing-masing berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis regresi ganda dan anova. Hasil analisis yang didapat pada kelas eksperimen menunjukkan lebih tinggi hasil kelas eksperimen 1 dibandingkan dengan kelas eksperimen 2. Dan untuk mencari perbedaan menggunakan anova,. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima kebenarannya, bahwa terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran logan avenue problem solving heuristik dengan improve terhadap keaktifan peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Adapun kelemahan yang peneliti temukan pada penelitian ini yaitu dalam menerapkan model pembelajaran Logan Avenue Prolem Solving Heuristik pada kelas eksperimen 1 dan model pembelajaran Improve pada kelas eksperimen 2, yaitu pada saat berdiskusi untuk menyelesaikan masalah peserta didik kesulitan untuk memahami maksud dari pertanyaan di lembar kerja kelompok yang peneliti berikan, selain itu kendala yang dialami pada saat memeriksa kembali jawaban tidak banyak peserta didik yang bertanya kepada kelompok yang sedang berpresentasi dan masih ada peserta didik yang tidak mengikuti diskusi sehingga peneliti kesulitan mengkondisikan kelas.