Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan logis matematis peserta didik pada mata pelajaran akuntansi di kelas X SMK Negeri 3 Palembang. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana kecerdasan logis matematis peserta didik pada mata pelajaran akuntansi di kelas X SMK Negeri 3 Palembang? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan variabel penelitian kecerdasan logis matematis. Pada penelitian ini yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas X akuntansi 1, X akuntansi 2, dan X akuntansi 4 yang berjumlah 119 peserta didik di SMK Negeri 3 Palembang tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan logis matematis peserta didik pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 3 Palembang dikategorikan baik. Dengan hasil tes logis matematis terdapat sebanyak 87 orang peserta didik dengan kategori baik diperoleh persentase sebesar 73,10%. Sedangkan hasil angket dengan indikator kemampuan perhitungan secara matematis diperoleh persentase sebesar 69,75% dengan kategori baik, berfikir logis sebesar 90,13% dengan kategori sangat baik, pemecahan masalah sebesar 69,19% dengan kategori baik, berpikir abstrak sebesar 69,75% dengan kategori baik, dan pemahaman pola atau bilangan sebesar 77,40% dengan kategori baik. Berdasarkan simpulan tersebut disarankan kepada agar peserta didik agar meningkatkan pengetahuannya sehingga kecerdasan logis matematis yang ada didalam diri peserta didik meningkat.