PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA WACANA BIOGRAFI SISWA KELAS VII SMP SRIJAYA NEGARA PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perngaruh model pembelajaran cooperative integrate reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Srijaya Negara Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII.A yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model CIRC dan kelas VII.C yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan perlakuan model konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, sedangkan teknik pengolahan data yang digunakan adalah perhitungan uji-t menggunakan program SPSS 20 dengan taraf signifikansi 95% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 64,56 meningkat menjadi 79,03 pada postest. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 14,47. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol 63,67 meningkat menjadi 69,67 pada postest. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 6,00. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh nilai (2-tailed) lebih kecil dari nilai tingkat signifikansi (0,001 < 0,05) maka dapat disimpulkan H0 ditolak. Dengan ditolaknya H0 oleh karena itu Ha diterima. Artinya ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman wacana biografi antara siswa yang diajar menggunakan model CIRC dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional. Dengan demikian, terdapat pengaruh model CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman wacana biografi siswa kelas VII SMP Srijaya Negara Palembang.