Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian hasil belajar ranah kognitif bentuk tes pilihan ganda secara online menggunakan aplikasi Quizstar pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 3 Kayuagung materi sistem dan alat pembayaran yang valid, reliabel, memiliki daya beda yang ideal dan tingkat kesukaran yang ideal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur penelitian mengacu pada model pengembangan produk Rowntree yang terdiri dari tahap perencanaan, pengembangan, dan evaluasi dengan cara menguji validitas, reliabilitas, daya beda, dan taraf kesukaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dukomentasi, lembar validasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan dari 6 indikator soal dihasilkan 36 butir soal pilihan ganda, yang 30 diantaranya valid dan 6 soal invalid. Hasil perhitungan uji reliabilitas diperoleh koefisien sebesar 0,817 termasuk dalam kategori tinggi. Hasil analisis daya beda item dari 36 butir soal terdapat 1 soal dengan daya beda jelek, 3 soal dengan daya pembeda sedang, 6 soal dengan daya beda baik, dan 26 soal dengan daya beda baik sekali. Hasil analisis taraf kesukaran item dari 36 butir soal pilihan ganda terdapat 8 soal dengan taraf kesukaran sukar, 23 soal dengan taraf kesukaran sedang, dan 6 soal dengan taraf kesukaran mudah. Berdasarkan pembahasan di atas diperoleh simpulan bahwa telah dihasilkan instrumen penilaian hasil belajar ranah kognitif bentuk tes pilihan ganda menggunakan Quizstar pada mata pelajaran ekonomi yang valid, reliabel, memiliki daya beda dan tingkat kesukaran yang ideal. Dalam pelaksanaan penilaian menggunakan Quizstar agar menggunakan internet kabel untuk menghindari lambat loading penggunaan internet tanpa kabel.