Daftar Isi:
  • Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk keterampilan sosial telah dilakukan di kelompok B2 di TK IT Izzudin Palembang. Jenis penelitian ini adalah pre- eksperimen dengan desain One Shoot Case Study, dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan pertimbangan keterampilan sosial anak masih rendah dan jumlah anak yang paling banyak diantara kelas B lainnya. Sampel berjumlah sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan. Hasil analisis data yang diperoleh nilai thitung = 3,14 ≥ ttabel = 1,761. Kesimpulannya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap keterampilan sosial anak kelompok B2 di TK IT Izuudin Palembang. Hal itu terlihat dari nilai rata-rata posttest anak berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Indikator bermain bersama temannya adalah indikator dengan nilai paling menonjol. Artinya dari 15 orang anak terdapat 74% anak berada dalam kategori BSB, 13% pada kategori BSH, 13% berada pada kategori MB dan 0% berada pada kategori BB. Untuk indikator bersikap kooperatif adalah indikator yang mendapat nilai terkecil yaitu dari 15 orang anak terdapat 40% yang berada pada kategori BSB, 27% pada kategori BSH, 13% pada kategori MB, serta 20% pada kategori BB.