Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas X IPA SMA Negeri 19 Palembang pada pokok bahasan alat-alat optik. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi-experimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X IPA SMA Negeri 19 Palembang dan sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol yang berjunlah 72 siswa pada semester genap tahun ajaran 2013-2014. Penelitian dilaksanakan sebanyak 7 kali pertemuan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian ini diperoleh data N-gain kelas eksperimen sebesar 0,45 (kategori sedang) dan N-gain kelas kontrol 0,09 (kategori rendah). Hasil uji t dari nilai hasil belajar siswa diperoleh thitung > ttabel (15,56 > 1,668). Dengan demikian Ho yaitu tidak ada pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa, ditolak dan Ha yaitu ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa diterima. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas X IPA SMA Negeri 19 Palembang.