Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan teka-teki silang dan isian dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur cerita kelas V SD Negeri 01 Sidomakmur. Penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif. Sampel pe-nelitian terdiri dari satu kelas dengan jumlah siswa 39 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes soal berupa soal teka-teki silang dan soal isian. Penelitian dilaksanakan dengan memberikan soal uji berbentuk teka-teki silang 10 dan soal isian 10 selama 3 kali pertemuan. Hasil dari uji pertama adalah nilai rata-rata soal teka-teki silang adalah 8,28 dan nilai rata-rata soal isian 7,30, uji kedua nilai rata-rata soal teka-teki siang 8,53 dan nilai rata-rata soal isian 6,94, dan hasil uji ketiga nilai rata-rata teka-teki silang 8,79 dan soal isiannya adalah 7,84. Setelah diukur dengan uji t, didapatkan thitung uji 1= 9,70, uji 2= 9,547, dan uji 3= 5,615 sedangkan ttabel = 1,68, sehingga terlihat bahwa . Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa latihan berbentuk teka-teki silang bermanfaat baik dalam pem-belajaran mengidentifikasi unsur cerita siswa kelas V SD Negeri 01 Sidomakmur.