Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kecerdasan emosional dan kemampuan menulis karangan persuasif, kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan menulis karangan persuasif, serta mendeskripsikan hubungan kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis karangan persuasif siswa kelas X di SMA Negeri 15 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu metode Survey dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X6 berjumlah 36 orang dan X7 berjumlah 40 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes masing-masing variabel. Teknik analisis data yang diukur adalah korelasi dan regresi sederhana serta korelasi dan regresi ganda. Penghitungan data menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitiannya adalah kecerdasan emosional dan kemampuan menulis karangan persuasif memiliki hubungan positif dengan nilai R2 0,735. Kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan menulis karangan persuasif memiliki hubungan positif sebesar R2 0,708. Kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis karangan persuasif memiliki hubungan positif R2 0,802. Terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis karangan pesuasif.