PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 15 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kebiasaan belajar melalui bimbingan kelompok di Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Palembang. Pendekatan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan subjek penelitian berjumlah 6 orang. Data di peroleh dengan menggunakan angket kebiasaan belajar yang telah di validasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan dimaknai secara kualitatif yang diklasifikasikan menjadi kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kebiasaan belajar, yaitu dari sebelum tindakan siklus pertama ada dalam kategori rendah, setelah dilakukan tindakan siklus pertama meningkat menjadi kategori sedang, kemudian setelah dilakukan tindakan siklus kedua meningkat menjadi kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kebiasaan belajar. Dengan demikian, dapat direkomendasikan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan kebiasaan belajar.