Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Estafet Writing terhadap pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dengan perlakuan metode Estafet Writing, dan kelas X3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa dengan perlakuan metode konvensional yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 64,27 meningkat sebesar 14,27 menjadi 78,87 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 63,26 meningkat sebesar 8,25 menjadi 71,23 pada tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung>ttabel = 3,352>2,001 dengan df = 59 pada tingkat keberhasilan 95% ( =0,025) karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan “Ada perbedaan kemampuan menulis cerpen antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode Estafet Writing dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional” dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan metode Estafet Writing merupakan metode yang berpengaruh di dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara.