PENILAIAN KINERJA MAHASISWA DALAM PRAKTIKUM FISIKA DASAR I MELALUI PENILAIAN TEMAN SEJAWAT DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Daftar Isi:
- Penelitian penilaian kinerja mahasiswa dalam praktikum Fisika Dasar I melalui penilaian sejawat adalah penelitian deskriptif, bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kinerja mahasiswa dalam melakukan praktikum Fisika Dasar I. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan termasuk kegiatan motivasi mengenai penilaian sejawat. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan Fisika tahun angkatan 2013 yang mengambil mata kuliah praktikum Fisika Dasar I dengan jumlah 43 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dengan menggunakan rubrik penilaian kinerja untuk masing-masing praktikum. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan persentase kinerja mahasiswa mengalami peningkatan misalnya pada praktikum vektor, penjumlahan vektor gaya dan gaya gesek masih dikategorikan baik berturut-turut yaitu sebanyak 74,3%, 65,0% dan 60,5% sedangkan pada praktikum hukum hooke dan bandul sederhana telah dikategorikan sangat baik yaitu sebanyak 90,6% dan 83,7%. Kesesuaian penilaian antara sejawat dan observer semakin lama melakukan praktikum semakin mendekati kesamaan penilaian berturut-turut yaitu pada praktikum vektor 22,5%, pada praktikum penjumlahan vektor gaya 17,5%, pada praktikum gaya gesek 46,5%, pada praktikum hukum hooke 74,4% dan pada praktikum bandul sederhana 13,9%. Pada praktikum bandul sederhana persentase kesesuaiannya masih kecil dikarenakan banyaknya jumlah indikator dan jumlah skor memiliki selisih yang sangat kecil. Jadi berdasarkan data yang diperoleh maka kinerja mahasiswa yang dinilai melalui penilaian sejawat dapat dikategorikan sangat baik dan sejawat telah dapat menilai kinerja temannya yang dilihat dari perolehan nilai yang bervariasi dan penilaian dengan kategori sama semakin meningkat persentasenya.