IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII 3 SMP NEGERI 1 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) persiapan perencanaan pembelajaran; (2) proses pelaksanaan pembelajaran; (3) kualitas pembelajaran dari implementasi pendekatan saintifik dalam mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII.3 di SMP Negeri 1 Palembang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Terdapat tiga jenis teknik pengumpulan data, yaitu dokumentasi, observasi, dan angket. Data dokumentasi yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dirancang oleh guru. Sementara itu, data observasi merupakan data yang diperoleh dengan cara melakukan pengamatan secara langsung untuk mengetahui proses pelaksanaan pendekatan saintifik di dalam kelas. Data angket dilakukan untuk mengetahui kualitas pembelajaran menurut peserta didik dengan menggunakan pendekatan saintifik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, diperoleh hasil rata-rata persentase sebagai berikut: data dokumentasi memperoleh skor 81 dikategorikan baik. Namun, indikator yang masih lemah, yaitu pemilihan materi ajar karena cakupan materi dan alokasi waktu tidak sesuai. Hasil dari data observasi diperoleh persentase 79 dikategorikan baik. Namun, indikator yang masih lemah yaitu kegiatan inti pada aspek mengomunikasikan karena peserta didik belum mampu menyampaikan gagasannya dengan baik. Hasil dari data angket diperoleh skor 4,29 dikategorikan baik. Dari ketiga penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII 3 SMP Negeri 1 Palembang sudah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan Kurikulum 2013.