Daftar Isi:
  • Penelitian dan pengembangan modul pembelajaran telah dilakukan untuk pembelajaran teks fabel di kelas VII SMP N 52 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran fabel yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) dengan langkah-langkah penelitian pengembangan Sugiyono yang meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Validasi dilakukan oleh tiga dosen ahli dengan menilai aspek isi, kebahasaan dan kegrafikan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan lembar validasi. Hasil penelitian menunjukkan aspek kelayakan isi dan penyajian memperoleh skor 21 dari skor maksimal 25 dan dikategorikan sangat baik. Kelayakan kebahasaan memperoleh skor 17 dari skor maksimal 20 dan dikategorikan sangat baik. Kegrafikan memperoleh skor 18 dari skor maksimal 25 dan dikategorikan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut modul fabel sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa.