Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 11 Indralaya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini mengambil populasi siswa kelas V di SD Negeri 11 Inderalaya. Sampel penelitiannya terdiri dari satu kelas berjumlah 37 orang siswa dengan 18 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Namun, hanya 36 siswa yang terlibat dalam proses penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan bentuk one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest menunjukan bahwa data tersebut terdistribusi normal. Kemudian hipotesis penelitian diuji menggunakan uji diperoleh = 10,9 sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh = 2,03 maka terlihat bahwa . Oleh karena itu, ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Macromedia Flash berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 11 Inderalaya.