Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan pendekatan Mathematical Modelling, dan kemampuan pemodelan matematika siswa setelah penerapan pendekatan Mathematical Modelling pada pembelajaran materi geometri transformasi kelas XI MIA 1 SMA Negeri 13 Palembang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 13 Palembang tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Observasi digunakan untuk melihat gambaran pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan pendekatan Mathematical Modelling, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui kemampuaan pemodelan matematika siswa setelah menerapkan pendekatan Mathematical Modelling pada pembelajaran materi Geometri Transformasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Rata-rata persentase pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan pendekatan Mathematical Modelling secara keseluruhan adalah | 61,82”o dengan kategori baik: (2) Rata-rata kemampuan pemodelan matematika siswa setelah penerapan pendekatan Mathematical Modelling pada pembelajaran materi geometri transformasi kelas XI MIA 1 SMA Negeri 13 Palembang adalah 73,61 dengan kategori baik.