Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada matapelajaran PPKn terhadap kecerdasan majemuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gelumbang. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Gelumbang yang berjumlah 203 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Teknik analisa data untuk menguji hipotesis menggunakan paired sample t test. Berdasarkan analisis dan pembahasan didapatkan rata-rata observasi kecerdasan majemuk sebelum diterapkannya strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran PPKn, hasil observasi menunjukkan siswa mendapatkan skor kecerdasan majemuk rata-rata dalam skala 1-4 sebesar 1.48 yang dikategorikan kurang baik dan kemudian mengalami peningkatan rata-rata sebesar 2.67 setelah diterapkannya strategi pembelajaran inkuiri dan dapat dikategorikan baik. Hasil penelitian diperkuat dengan hasil data angket yang diberikan pada siswa dimana minat belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri mendapatkan skor rata-rata 65.6 atau dapat dikategorikan baik dan penggunaan penerapan strategi pembelajaran inkuiri mendapat skor rata-rata sebesar 65.6 dan dapat dikategorikan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran PPKn terhadap kecerdasan majemuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gelumbang.