PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA PGRI 1 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika pada materi listrik dinamis kelas X SMA PGRI 1 Palembang. Metode eksperimen adalah salah satu metode dalam pembelajaran yang memberikan kesempatan pada siswa dalam kegiatan belajarnya untuk bereksperimen, atau belajar dengan melakukan dan mengalami sendiri melalui suatu percobaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental (Eksperimen Semu), dengan desain nonrandomized control group pretest-posttest design yang menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun sampel penelitian adalah kelas X SMA PGRI 1 Palembang yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Tes dilakukan dua kali yaitu diawal (pretest) dan diakhir (posttest) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisa data diperoleh data berdistribusi normal dan homogen, kemudian dilakukan uji statistik dengan menggunakan uji-t pooled varians dengan taraf kebebasan 5%, dk=36 didapatlah thitung= 3,186 dan ttabel = 2,029, berdasarkan hasil tersebut maka thitung > ttabel , dengan demikian Ho ditolak dan menerima Ha, Artinya terdapat pengaruh hasil belajar dengan menggunakan metode eksperimen.