UPAYA MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN KONSELING REALITAS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PRABUMULIH
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan self efficacy siswa kelas XI SMA Negeri 1 Prabumulih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) dengan subjek penelitian berjumlah lima orang, data diambil dengan menggunakan angket yang sebelumnya di validasi. Masalah penelitian adalah apakah layanan konseling kelompok dengan pendekatan konseling realitas dapat meningkatkan self efficacy siswa kelas XI SMA Negeri 1 Prabumulih. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan membandingkan pre-test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor psikologi yang cukup signifikan setelah diberikan tindakan dilihat dari semua aspek sebelum diberi tindakan dari kriterianya rendah menjadi kriterianya sedang. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan konseling realitas dapat meningkatkan self efficacy kelas XI di SMA Negeri 1 Prabumulih.