UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VB SD NEGERI 152 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan melalui Model Role Playing di Kelas VB SD Negeri 152 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah kelas VB SD Negeri 152 Palembang dengan jumlah siswa 40 orang, terdiri dari 18 perempuan dan 22 laki-laki. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi berupa video dan photo, dan tes lisan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Hasil ini menunjukkan setelah diberikan tindakan siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 72,51 dengan persentase ketuntasan 67,5%. Dilakukan tindakan siklus II nilai rata-rata siswa yaitu 79,81 dengan persentase 77,5%, dan setelah dilakukan tindakan siklus III nilai rata-rata siswa 88,50 dengan persentase 87,50%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Role Playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa VB SD Negeri 152 Palembang.