PENGARUH PEMBELAJARAN SENI TEKNIK MENCETAK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA INDRALAYA SELATAN
Daftar Isi:
- Pengaruh pembelajaran seni teknik mencetak terhadap kemampuan motorik halus kelompok B di TK Negeri Pembina Indralaya Selatan, dengan jenis penelitian eksperimen semu desain One Shoot Case Study. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan pertimbangan kemampuan motorik halus anak belum berkembang di kelas B2. Sampel pada penelitian ini adalah kelompok B2 yang terdiri dari 13 anak, 3 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan tes perbuatan, dengan hasil analisis data yang diperoleh nilai = 17,47 ≥ = 1,78, kesimpulannya terdapat pengaruh pembelajaran seni teknik mencetak terhadap kemampuan motorik halus kelompok B di TK Negeri Pembina Indralaya Selatan. Hal ini dibuktikan bahwa pada kondisi awal nilai rata-rata 56 dengan kategori mulai berkembang (MB), setelah diberi perlakuan didapat nilai rata-rata 77,84 dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH), adapun indikator yang paling menonjol yaitu indikator pertama dapat mengatur gerak jari-jemari dan pergelangan tangan, sebanyak 12 anak (92,30%). Melihat hasil yang diperoleh, disarankan bagi peneliti selanjutnya melakukan penelitian yang sama dengan aspek perkembangan yang berbeda.