PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK KELAS A DI TK IT ULIL ALBAB PALEMBANG
Daftar Isi:
- Pengaruh Pemberian Penguatan Dalam Pembelajaran Terhadap Kemandirian Anak Kelas A Di TK IT Ulil Albab Palembang. Penelitian ini dilakukan dengan metode Pre-Eksperimen dengan desain One Shot Case Study, teknik pengambilan sampel menggunakan sampel berstrata (Stratified Sample) berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes berupa observasi. Berdasarkan hasil observasi didapat nilai rata – rata anak berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 9 anak (69,23%). Kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 2 anak (15,38%), kategori Mulai Berkembang (MB) sebanyak 1 anak (7,69%) dan 1 anak (7,69%) dalam kategori Belum Berkembang (BB). Indikator ketercapaian anak lebih menonjol pada kemampuan anak bertindak mandiri dan kemampuan melepaskan diri dari orang tua, terbukti ada 9 anak (69,23%) yang termasuk dalam kategori Berkembang sangat baik (BSB). Sedangkan pada indikator kemampuan memecahkan masalah terdapat 1 anak Belum Berkembang (BB). Hasil analisis data diperoleh nilai t hitung 9,61 ≥ t tabel 1,780. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat Pengaruh Pemberian Penguatan Dalam Pembelajaran Terhadap Kemandirian Anak.