Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran pada peserta didik berprestasi di SMA Negeri 1 Palembang. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran pada peserta didik berprestasi di SMA Negeri 1 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dimana subjek penelitian ini adalah peserta didik berprestasi 3 besar di kelas XI dengan jumlah 39 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi teknik yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dari 39 peserta didik didapatlah 7,60% peserta didik memanfaatkan waktu belajar di sekolah, 71,79% peserta didik memanfaatkan waktu belajar di luar sekolah dan 20,51% peserta didik memanfaatkan waktu belajar di rumah. Hasil data tersebut menunjukkan bahwa pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran yang paling banyak adalah pemanfaatan waktu belajar di luar sekolah. Kekurangan peserta didik dalam penelitian ini terlihat pada pemanfaatan waktu belajar di sekolah dimana peserta didik kurang memanfaatkan fasilitas pendukung belajar yang disediakan oleh pihak sekolah. Adapun saran dari hasil penelitian agar peserta didik memanfaatkan perpustakaan saat jam pelajaran kosong, mencari informasi yang tidak didapat saat jam pelajaran sekolah dan meminjam buku di perpustakaan untuk menambah ilmu yang telah dipelajari di sekolah.