PENGARUH METODE PORPE (PREDICT, ORGANIZE, REHEARSE, PRACTICE, EVALUATE) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS VII SMP N 6 GELUMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode PORPE terhadap kemampuan memahami teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 6 Gelumbang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII.B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa dengan perlakuan metode pembelajaran PORPE, dan kelas VII.C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa dengan perlakuan metode pembelajaran konvensional yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 45,67 meningkat sebesar 11,54 menjadi 57,21 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 40,06 meningkat sebesar 8,68 menjadi 48,74 pada tes akhir. Dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung > ttabel = 2,514 > 1,997 dengan df = 66 pada tingkat keberhasilan 95% (=0.05). Karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan ―Ada perbedaan kemampuan memahami teks cerita pendek antara siswa yang diajar menggunakan metode PORPE dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional‖ dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran PORPE berpengaruh terhadap kemampuan memahami teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 6 Gelumbang.